Etilen glikol (EG, CH2OH)2, merupakan senyawa organik non-volatil yang banyak digunakan sebagai cairan anti-beku pada mesin otomatif untuk menyerap panas yang dihasilkan mesin. Dalam suatu cairan anti-beku diasumsikan hanya terdapat EG sebanyak 35 % (w/w) dalam air. Tekanan uap air murni pada suhu 20 °C adalah 17.5 Torr, massa molar EG = 62.1 g/mol, massa molar air = 18 g/mol.


1
Expert's answer
2021-05-06T07:37:58-0400

Basis: 100 g of solution

Mass of ethylene glycol in solution = 35 g

Moles of ethylene glycol, "n_1" = "\dfrac{35}{62.1}=0.563\space mol"

Mass of water in solution = 65 g

Moles of water, "n_2=\dfrac{65}{18}=3.611\space mol"

Mole fraction of water, "x_2=\dfrac{n_2}{n_1+n_2}=\dfrac{3.611}{0.563+3.611}=0.865"

Mole fraction of ethylene glycol, "x_1=1-x_2=0.135"

Vapour pressure of water in solution, "p_2=p^o_2x_2=17.55\times0.865=15.180\space torr"